Bagaimana dengan Masa Depan Indonesia?

24 02 2009

Kurang lebih selama satu bulan ini (bahkan lebih, sepertinya), kita disuguhi oleh headline-headline yang menampilkan adegan-adegan yang berbau kekerasan. Mulai dari siswi-siswi SMA 1 Kupang, NTT yang saling berkelahi dan gontok-gontokan,video kekerasan siswa-siswa SMA mengeroyok seorang murid laki-laki, video kekerasan guru kepada muridnya, sampai dengan video kekerasan yang dilakukan oleh para polisi-polisi, bahkan tawuran antar pelajar pun sekarang sepertinya sudah mulai ‘in’ lagi.

Terkejut.

Itu yang saya rasakan ketika melihat berita-berita tentang kekerasan tersebut, ketika ada berita tentang geng motor cewek yang dinamakan geng NERO yang artinya ‘neko-neko dikeroyok’ itu ternyata dilakukan oleh sekelompok SISWI SMA, saya juga kaget. Bayangkan, sudah SISWI, artinya wanita yang melakukan, SMA pula, yang berarti umurnya masih belasan tahun seperti saya. Dan saya semakin tambah kaget dan terkejut ketika ternyata itu berlanjut, ternyata banyak juga siswi-siswi yang suka berantem sambil tonjok-tonjokkan seperti anak-anak lelaki.

 

            Ada apa ini? Apa yang terjadi dengan Indonesia, lebih tepat lagi dengan ANAK-ANAK MUDA Indonesia? Mengapa justru ketika pesta demokrasi yang tidak akan lama lagi kita jelang, video-video kekerasan malah menjamur di program-program berita kita? Saya jadi trenyuh melihatnya, saya sedih, dan saya prihatin. Masalahnya, anak-anak muda tersebut, anak-anak SMA tersebut, yang tawuran itu, yang berantem itu, yang dikeroyok itu, yang nantinya akan memegang tampuk pemerintahan di Indonesia ini. Bagaimana ini? Kalau dari usia belasan saja kita sudah disuguhi dengan ‘pemandangan-pemandangan’ macam itu, bagaimana dengan nanti? Bagaimana dengan masa depan Indonesia? Apa kita mau pemimpin masa depan kita adalah orang-orang yang dulunya suka tawuran, suka berkelahi dengan teman-teman mereka sampai masuk TV, apa kita mau anak-anak muda Indonesia terus seperti ini? Bobrok kelakuannya, bobrok mentalnya, dan bobrok segala-galanya? Karena itu saya ingin mengajak teman-teman, anak muda Indonesia, agar katakan tidak pada kekerasan.

Ingat, kekerasan tidak akan membuahkan hasil apapun. Kekerasan hanya memberi dampak negatif bagi kita semua…

 

 

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: