Terinspirasi dari SEKOTAK SUSU UNTUK ANAK JALANAN

29 07 2009

Pagi hari ini, gue beresin rumah kontrakan gue, nyapu, ngepel, dan nyirem teras. Setelah itu gue nyalain televisi, karena bosan dengan acara televisi swasta yang isinya band-band Indonesia dan notabene lagunya itu lagi itu lagi, gue pencet-pencet aja remote televisi gue acak-acakkan semau gue. Akhirnya, tibalah di DAAI TV, yang menarik perhatian gue, judul dari acara itu tuh Sekotak Susu untuk Anak Jalanan. Gue mikir, wah, boleh juga nih gue nonton ini nih, kebetulan gue juga suka melihat orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk melayani orang lain, melayani sesamanya.

Jadi, di tayangan tersebut tuh ada tiga orang cewek yang berkeliling Bandung untuk memberikan susu kotak buat anak-anak jalanan yang lagi pada mencari uang di jalanan, kayak pengamen, tukang minta-minta dan lainnya. Yang bikin unik adalah, di kotak susu tersebut ditempelin tulisan-tulisan inspiratif yang gue yakin anak-anak yang minum susu dari mereka inget terus kata-kata itu, contohnya “Teruslah berdoa dan berjuang mencapai cita-cita” ya pokoknya kata-kata semacam itu lah!

Tiga cewek tersebut ternyata adalah penggagas dari program sosial “Sekotak Susu untuk Anak Jalanan”. Intinya, mereka pengen kalo kita ketemu sama anak jalanan, kita bisa ngasih susu kotak buat anak-anak jalanan tersebut. fKalo dirasa susu terlalu berat atau mahal, pokoknya kita kasih aja apa yang membuat mereka senang, misalnya, kalo mereka suka gambar, kita kasih alat-alat gambar, atau kita kasih permen, makanan, chiki, pokoknya kita jangan ngasih mereka uang, kita kasih mereka sesuatu yang kongkrit, yang bisa bikin mereka tersenyum. Mungkin susu dirasa adalah hal yang paling tepat untuk dibagi kepada anak-anak jalanan tersebut. Karena susu itu memiliki nilai gizi yang tinggi dan rasanya juga enak untuk dinikmati oleh anak-anak.

Tiga cewek itu bilang pada DAAI TV, kalo mereka melakukan program sosial Sekotak Susu untuk Anak Jalanan ini ditujukan agar anak-anak tersebut tidak berhenti untuk memiliki cita-cita, tidak berhenti untuk bermimpi menjadi seseorang yang lebih baik dalam hidup mereka, karena itulah yang membuat mereka bisa terus bertahan hidup dan berjuang untuk itu. Dan juga mereka bilang, apa yang mereka lakukan ini adalah hal sangat kecil, tapi mudah-mudahan memberi dampak yang besar untuk anak-anak tersebut. Mereka berharap, apa yang mereka lakukan bisa memberi inspirasi bagi orang yang melihat, misalnya aja, ada orang yang melihat kita sedang membagi-bagikan sekotak susu untuk anak-anak jalanan, siapa tahu aja orang tersebut jadi ingin memberikan sesuatu yang lain juga, misalnya memberi buku, memberi baju atau yang lainnya.

Jujur, ketika melihat tayangan tersebut gue menangis. Gue terharu melihat anak-anak jalanan tersebut, ketika mereka mendapatkan susu dari tiga cewek itu, mereka tersenyum bahagia, matanya memancarkan rasa terima kasih yang sangat dalam. Gue prihatin karena mereka ini masih kecil-kecil, punya orang tua, punya rumah, tapi dibiarkan begitu saja mencari nafkah di jalanan, dan mereka berinteraksi dan bertumbuh di lingkungan yang tidak wajar. Tidak seharusnya mereka tumbuh di tempat seperti itu, seharusnya mereka sekolah saja yang benar, belajar, bermain, dan tertawa dengan anak-anak sebaya mereka.

Gue juga terharu melihat perjuangan tiga cewek tersebut membagikan susu pada anak-anak jalanan, sungguh mulianya hati mereka, begitu mulianya mereka mau membantu dan memikirkan bagaimana membuat anak-anak jalanan tersebut tersenyum bahagia.

Terima kasih DAAI TV karena telah memberikan tayangan yang begitu menyentuh hati gue, terima kasih juga buat penggagas Sekotak Susu untuk Anak Jalanan yang telah menginspirasi gue untuk memperhatikan mereka, untuk membantu mereka dengan memberikan sekotak susu pada mereka.

Katanya Sekotak Susu punya group di Facebook, gue akan join group tersebut dan pengen tahu apa aja sih kegiatan mereka, dan siapa tau mereka dapat memberi gue inspirasi lagi bagaimana membantu anak-anak jalanan selain dengan memeberi sekotak susu.

Teruskanlah perjuangan kalian!
untuk anak-anak jalanan, teruslah bermimpi, dan teruslah berusaha menggapai cita-cita, karena tidak ada yang mustahil bagi Dia.!

Iklan

Aksi

Information

2 responses

7 08 2009
Fanny

Terimakasih atas tulisannya.
Ini merupakan suatu feedback yang sangat bermanfaat bagi kami. Blog-blog yang memuat tentang gerakan Sekotak Susu untuk Anak Jalanan seperti inilah yang membuat kami tambah semangat untuk terus memajukan anak-anak jalanan di Indonesia, karena kami tahu, kalian ada untuk mendukung kami.

Sekali lagi, terimakasih yah!
🙂

Jangan lupa untuk terus berbagi semangat dan impian 😉

Hugs from us,

22 08 2009
ervi

Hi blogger,

Saya Ervi dari http://www.ervioneinworld.blogspot.com/.
Saya sekarang sedang melakukan penelitian tentang motivasi blogger di Jakarta untuk skripsi saya. Saya sangat mengarapkan para blogger Jakarta, yang punya blog aktif di blogspot atau wordpress dan berusia 18-28 tahun, dapat berpartisipasi.

Caranya gampang, cukup klik link di bawah ini, lalu ikuti petuntuk pengisiannya.

Ini link kuesionernya:

https://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=dElMNWRTbGNDS1BGT3JtRHZVSUtUSFE6MA..

Mungkin beberapa dari kalian pernah mengisi ini, dan merasa pertanyaannya terlalu banyak. Tenang aja, pertanyaan kali ini jauh lebih sedikit dan ga membingungkan seperti dulu.

Thanks banget buat yang berpartisipasi.

Salam blogger Indonesia.

Regards,
Ervi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: